Sosial media, apa itu sosial media ?
Menurut saya sosial media adalah suatu wadah atau tempat dimana orang dapat
berkomunikasi sesama user (pengguna) secara tidak langsung dan dibutuhkan
koneksi internet untuk dapat melakukan komunikasi ini. Di sini user atau
pengguna dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi foto, dan dapat juga
untuk menambah wawasan serta bisa juga sebagai ajang untuk mencari atau
menambah teman. Internet merupakan salah satu aspek penting dalam berhubungan
dalam aplikasi sosial media, internet telah merangkul dunia yang memegang peran
manusia dalam kehidupan manusia. Internetpun juga bisa di katakan menjadi rekan
manusia untuk berkomunikasi dalam sosial media, melalui internet manusia dapat
berbagi informasi, melakukan kegiatan bisnis serta dapat menjalin hubungan
sosial antar sesama manusia dengan menggunakan sosial media ini. Tergantungnya
kebutuhan manusia terhadap sosial media telah banyak membuat perusahaan
perusahaan teknologi dan informasi membuat aplikasi aplikasi sosial media
seperti facebook, twitter, myspace dan friendster, serta masih banyak lagi
aplikasi sosial media yang ada di era perkembangan modern ini.
Pesatnya perkembangan teknologi sekarang
membuat banyak aplikasi aplikasi sosial media baru yang bermunculan
di dunia maya. Kini dengan mengandalakan smartphone yang berhubungan dengan
internet, kita sudah bisa mengakses beberapa situs sosial media seperti,
facebook, twitter, line, we chat, kakao talk dan itu semua bisa kita akses
dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan koneksi internet dan itu
membuat arus informasi semakin besar dan pesat. Perkembangan sosial media yang
pesat ini tidak hanya terjadi pada negara negara maju saja, di negara
berkembang seperti tanah air kita ini Indonesia, banyak user atau pengguna
sosial media dan perkembangan yang pesat ini bisa menjadi pengganti peran media
massa konvensiaonal dalam menyebarkan berita atau informasi. Selain itu,
Indonesia menempati urutan ke-5 di dunia dalam penggunaan akun twitter. Selain
untuk membagi informasi, sosial media maupun internet juga dapat dijadikan
sebagai sutau kegiatan bisnis, seperti membuka toko online. Facebook dan
Twitter menurut saya merupakan sosial media yang banyak digunakan sebagai toko
online, mereka membuat akun baru dan memberi nama akun mereka menjadi kategori
barang dagangan mereka yang akan mereka dagangkan. Membuat komunitas bisa juga
dilakukan melalu sosial media, komunitas komunitas seperti fans boyband,
girlband, fans pecinta olahraga sepak bola, fans sebuah grup band dan
masih banyak komunitas komunitas yang bisa kita buat.
Perkembangan Sosial Media
·
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari
penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah,
atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat
elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon
dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy
Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer. Perkembangan
sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman surat elektronik
pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.
·
1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting
yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website
tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi
tonggak dari berdirinya website - website lain.
·
1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun
sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan
situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah
situs jejaring sosial di banding Classmates.com
·
1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini
menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga
pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi
ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini
menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
·
2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu
menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi
fenomenal.
·
2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn
juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial
makin berkembang.
·
2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam
menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user
friendly.
·
2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga
sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki
anggota terbanyak.
·
2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang
lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang
bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
·
2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan
bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan
bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia
termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
·
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring
sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya
sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di
luncurkan secara umum.
Mungkin tidak banyak yang mengetahui,
bahwa sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada sebuah
jejaring sosial bernama Friends Reunited. Dari infografik
dan MarketingDirecto.com, berikut tercantum cukup lengkap
perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012. Terdapat
beberapa hal menarik sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti
kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial pertama pada tahun 1998
Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini
memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul
pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna.
Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan akhirnya
menghilang sampai sekarang. Pada tahun 1995, internet baru memiliki satu
juta situs. Sementara, tiga tahun berikutnya, industridotcom sudah sulit
diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang
diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari
infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di media sosial
cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster, tapi lalu
akhirnya harus menyerah oleh Facebook. Google+ mungkin belum tampak cukup besar
untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkan, Facebook
butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun. Kemungkinan apapun bisa
terjadi. Google+ yang baru lahir tahun 2011, apakah butuh selama itu untuk
menggeser Facebook? Berikut adalah sedikit gambaran tentang evolusi media
social.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional,
antara lain :
- Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat
tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat
mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang
dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
- Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi
dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah
feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat.
Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
- Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan
biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat
mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis.
Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap
segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih
banyak pengguna.
- Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga
perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan
media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita
harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
- Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang
relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan
kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan
media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten
dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
- Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan,
apa yang relevan dengan mereka.
- Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan
begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan
efisiensi operasional hubungan pasar.
- Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur
apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif
dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Sumber :
http://gratiscatanku.blogspot.co.id/2014/07/pengertian-media-sosial-peran-serta.html
Comments